Bukit Lembu – Perjalanan Singkat

Sabtu, 21 November 2015

Berawal dari Socmed Seorang Sahabat yang ngeshare foto duduk ditepi Batu dengan view Waduk jatiluhur, yang awalnya pas dilihat fotonya bingung itu laut apa danau? Karena penasaran sayapun langsung menanyakan, Dan setelah dijawab ternyata itu waduk jatiluhur dilihat dari ketinggian dan dilihat dari Bukit lembu.

Bukit lembu yang berada di Purwakarta, Sukatani, Penyindangan. Dan yang pasti lokasi bukitnya ya di gunung Lembu pastinya, Konon katanya Penamaan Gunung lembu itu berasal dari kegiatan warga yang melakukan ternak Sapi Diatas Gunung, walaupun pas kami melakukan perjalanan tidak tampak ada sapi satupun.

Awal rencana perjalanan ini bisa dibilang dadakan antara H-4 atau H-2 bahkan sampe H-1 Masih nanya jadi Tidak ke Bukit Lembu? Biasalah selalu ada ketidakpastian di rute-rute perjalanan pendek seperti ini, akhirnya tepat Sabtu, 21 november pukul 1 Dinihari Kami berangkat dari Karawaci – Tangerang. Kali ini kami menggunakan Transportasi kendaraan Pribadi, dengan rute tol dalam kota, lalu menuju tol cikampek dan,Purbaleunyi dan berakhir di exit tol purwakarta,jatiluhur,ciganea, karena masih Dinihari dan perutpun terasa lapar maka kamipun istirahat sejenak sambil makan dinihari, udah bukan malam lagi.

Makan Dinihari

Setelah Perut sudah terasa kenyang dan matapun kembali segar tepat pukul 3 dinihari kamipun melanjutkan perjalanan dan melewati jalur tol terakhir purbaleunyi dan keluar di exit tol jatiluhur, rute ini lebih dekat daripada melalui exit tol Purwakarta. Setelah exit tol Jatiluhur kita langsung belok kanan dan dari situ kita menuju pasar sukatani, karena dari sinilah pintu masuk ke arah gunung lembu, Apabila bingung silahkan menanyakan lokasi gunung lembu Insyaallah kalo sudah di Pasar sukatani Semua orang tau lokasinya. Lebih baik bertanya dari pada Seperti kami yang kebablasan, karena pasar sukatani ini tidak terlalu tampak seperti pasar umumnya, dari pasarpun kami harus masuk kedalam perkampungan dan melewati jalan yang lumayan tidak besar untuk dilalui kendaraan Roda 4, karena masih gelap dan sudah shubuh kamipun menyempatkan Sholat shubuh dimasjid sekitar sambil Menikmati Kopi panas, kebetulan didepan mushola ada warung.

Tepat Pukul 5:15 pagi kami tiba diparkiran Bukit lembu, langsung Mengisi data tamu atau data pengunjung, dan tidak lupa kamipun dipinta Sumbangan seikhlasnya. Kami total 7 orang kami memberikan 50.000. tidak berlama-lama mumpung sudah terang dan belum panas kamipun langsung tracking tepat pukul 5:30 pagi.

Pintu Masuk Gunung Lembu

BTW lokasi menuju Bukit lembu ini kita melewati 3 pos,dan bisa dibilang Ganas alias tidak kenal rasa kasian, Bagaimana Tidak dikatakan seperti itu, baru jalan sedikit saja kita langsung disikat sama tanjakan, malah namanya TANJAKAN 1000 LANGKAH. Begitu nama Tanjakan yang akan kita tempuh dari pintu masuk sampai Pos 1.

Tanjakan 1000 Langkah

Selangkah demi selangkah kaki bergerak, dan sesekali beristirahat, terasa dengkul mau copot hehehe, akhirnya setelah hampir 20 menit kami tiba dipos 1, lumayan ada track datar disini dan banyak warung juga, Cuma karena masih pagi warung tidak ada yang buka, tidak masalah gan kami masih kuat stok air ada dan perut masih kenyang, lanjut menuju pos 2 dan lagi – lagi track menanjak menanti kami, ditengah-tengah perjalanan ada plang pemberitahuan lagi JANGAN MENYERAH tulisannya sih seperti itu, cukup untuk menggambarkan capenya dihajar track menanjak terus.

Ucapan jangan Menyerah

Yeay akhirnya sampai juga di post 2, dari sini menuju pos 3 jalan sdikit lebih landai walaupun nanti akan ada track menanjak kembali sebelum sampai pos 3, namun spanjang perjalanan menuju pos 3 lumayan view waduk jatiluhur sudah nampak walaupun belum jelas banget sih.

Istirahat diPos 2

Menikmati sinar fajar

Setelah melakukan perjalanan dari pos 2 dan sampai pos 3 kita akan menemukan puncak gunung lembu, Namun Bukan dipuncak inilah lokasi terfavorit di Bukit Lembu yang terdapat batu besar, tetapi kita harus turun sedikit lagi dari puncak untuk menuju Bukit Lembu.

Puncak Gunung Lembu

Dari Puncak Lembu, kita akan menelusuri jalan turun kebawah, tidak jauh kita akan menemukan Batu besar, Lokasi yang sebenarnya kami tuju Kesini. setelah berjalan kurang dari 10 menit, tibalah kami dilokasi yang kami ingin tuju, Subhanawlah Pemandangan yang indah dan tidak bisa diungkapkan, tidak sia sia kami tempuh 1 jam 15 menit (ngebut).

Bukit Lembu

Karena masih terlalu Pagi pemandangan sekitarpun masih didominasi Kabut tipis, sedikit mengurangi indahnya Hamparan Pohon Hijau dan birunya Waduk Jatiluhur, setelah menikmati indahnya pemandangan waduk jatiluhur Kami melipir dulu kesamping batu,disini ada Seorang Bapak dan anaknya yang membuat gubuk kecil tempat mereka berjualan Popmie dan Kopi, wah kebetulan nih perut sudah mulai lapar, sepertinya pertolongan pertama pada kelaparan bisa kita lakukan.

Isi Perut

setelah kurang dari 2 jam kita menikmati indahnya pemandangan dari atas Bukit kamipun segera Bergegas turun untuk Pulang. saat perjalanan turun setibanya kami di Pos 1 ternyata warung gubuk yang ada disini sudah Buka semua, tampak tumpukan kelapa Muda berserakan didepan warung seakan-akan seperti memanggil kami semua "gan mampir dulu gan emang ga aus apahh" tanpa pikir panjang kamipun langsung mampir dan menikmati segarnya Kelapa muda.

Santai sejenak

Slurup Slurup ahhhhhhhh segarnya Air kelapa muda disaat gerah dan lelah seperti ini, Fyi harga kelapa 1 Biji hanya 10.000 saja loh. setelah puas beristirahat dan menikmati kelapa muda kamipun bergegas kembali melanjutkan perjalanan, Tangerang sudah menanti kita kembali. Sekian sedikit perjalanan Kami Menjelajahi Bukit lembu kali Ini,Semoga bermanfaat bagi yang belum pernah kesini sebagai sedikit gambaran Lokasi bukit Lembu.