Bromo - Bilangnya sih Backpackeran

LATE SHARE

Dari april 2014 kita temen-temen dr ui_chata wadah komunitan fans klub manchester united (United indonesia Chapter Tangerang) sudah memulai obrolan nih ceritanya "backpackkeran" yu.
hari berganti hari wacana jalan bareng terus dibahas setiap kumpul nobar ataupun saat fun futsal. akhirnya hari itupun tiba eng ing eng Jreng Jreng kita sepakat untuk berangkat ke BROMO.
Akhirnya tepat tanggal 1 mei 2014. kita berangkat dengan personil saya sendiri Yogi,arinov,hans,didie,budi,oji,ebe,julian,alan,oma,roni,surya sumirat dan Dadut. titik point pertama kita berkumpul dipalm semi karena disinilah bis yang akan mengantar kita ke stasiun pasar senen, setelah menempuh perjalanan tidak sampai 1 jam sampailah kita di terminal pasar senen,FYI dari sini ke stasiun cuma 5 menit So cukup jalan kaki kita smua bisa sampai ke stasiun pasar senen.

Palm Semi

Terminan Pasar Senen

Sampailah kita distasiun pasar senen, emang dasarnya pada lemah kali ya baru 1 jam perjalanan karawaci-stasiun pasar senen pada teriak aus sama lapar aja hahaha tidak banyak bicara langsung cus bagi-bagi tugas sambil santai nunggu kereta api ekonomi MATARMAJA Rute pasar senen - malang kota baru, tiket KA dapat kita peroleh dengan harga murah meriah Rp. 65,000. karena KA belum datang kita Santai sejenak dilorong stasiun pasar senen untuk sekedar beristirahat sambil menyiapkan amunisi untuk sepanjang perjalanan, ada yang beli makanan ada yang ketoilet ada yang tuker tiket ada juga yang nungguin tas.

Lorong Stasiun Pasar Senen

Akhirnya kereta Api Matarmaja yang ditunggu-tunggupun tiba tepat pkl 14:00 KA MATARMAJA sudah siap kita tumpangi, FYI waktu yang kita tempuh dari Jakarta-Malang dengan KA MATARMAJA yaitu 18 jam bro hahahaha lumayan bikin bt dan cape pastinya, solusinya kita harus banyak kegiatan didalam kereta. Banyak cara yang kita lakukan ada yang asik dengerin musik, maen gaple, baca buku,bahkan Apapun kita lakukan agar tidak suntuk di Kereta, sampai semua kegiatan sudah dilakukan tapi masih belum sampe juga, tapi ya inilah sebuah perjalan tidak semua manis tapi akan selalu manis bila diingat kembali, Akhirnya tepat pukul 7:30 pagi kita tiba di stasiun malang kota baru, nampak wajah wajah yang kusut dan kusam mulai kembali bisa tersenyum.

Tiba Distasiun Malang

Sesampainya kita dimalang tidak banyak bicara langsung atur strategi kembali bagi-bagi tugas agar waktu tidak terbuang sia-sia, mulailah kita ada yang mencari makan, nungguin tas dan Mandi pagi. mandi pagi menjadi point yang paling penting maklum dr kemarin sore kami semua belum mandi, mulailah kita mencari wc umum disekitar stasiun malang, akhirnya tempat ternyaman dan terbersihpun yang kita pilih, cukup membayar Rp.3000 sudah asik bro badan segar dan wangi. setelah selesai mandi dan sarapan kita harus segera mencari angkot untuk kita carter menuju terminal arjo sari malang, karena disitulah kita bisa dapatkan bis yang menuju ke Probolinggo akses menuju Bromo. tidak banyak bicara langsung kita cegat angkot yang melintas depan kita.

Suasana Didalam Angkot

Setelah menempuh perjalanan hampir 1/2 jam tibalah kita di terminal arjosari malang, Alhamdulillah tanpa menunggu lama-lama sesampainya disana kita berpapasan dengan bis damri yang menuju terminal bayu angga probolinggo, tidak lama-lama langsung kita naik bis dan keberuntunganpun kembali kita terima, bis dalam keadaan kosong alhasil kitapun bisa memilih tempat dan duduk dengan tenang, setelah menempuh perjalanan kurang lebih 3 jam sampailah kita diProbolinggo.

Suasana didalam Bis

Terminal Bayu Angga (Probolinggo)

Setibanya diProbolinggo kamipun langsung menunggu Mobil Byson yang telah kami hubungi jauh-jauh hari untuk membawa kita ke Bromo via Cemoro Lawang. FYI Byson itu angkutan yang biasa membawa para pengunjung yang ingin menuju Bromo. biasanya kalo kita ingin menggunakan angkutan ini kita harus menunggu sampai penumpang penuh baru akan mau jalan, berhubung kita sudah 13 orang jadi tidak usah pake tunggu-tungguan langsung penuh dan sudah bisa langsung Jalan.

Pose Didepan Byson

Didalam Byson

Setelah menempuh perjalan kurang lebih 1 jam, melewati jalan berliku-liku di temani pemandangan indah disepanjang jalan tibalah kita cemoro lawang tepat pukul 12 siang. waktu menunjukan pukul 12 tapi udara disini seperti pukul 4 shubuh badan terasa dingin walaupun matahari ada diatas kepala, sesampainya dicemoro lawang kita langsung mendapat vila yang kita tempati untuk bermalam, cukup membayar 1jt kita smua sudah bisa mendapatkan 1 rumah dengan dengan 4 kamar sudah cukup untuk menampung kita semua 13 orang. karena letak vila kita tepat diujung jurang so viewnyapun benar-benar SEMPURNA.

Viem Samping Vila

Hari inipun kami semua full istirahat maklumlah kurang lebih 24 jam kita diperjalanan Tangerang-Bromo, Ada yang sudah tegeletak diatas kasur, ada yang masih sibuk beres-beres bawaan bahkan ada yang masih sibuk cari makanan. siang pun berganti sore, Udara dingin di Bromo mulai menusuk kedalam tulang, banyak dari kami yang sore itu sudah mulai memakai pakaian extra tebal, ada sih 1-2 yang kulitnya badak tetap asik memakai kaos dan celana pendek. Next Akhirnya tepat pukul 03:15 dini hari terdengar suara klakson dari luar vila, woyyyy jeep dah dateng ayooo siap siap, teriak salah satu orang membangunkan yang lain yang masih tertidur lelap, Yap akhirnya semua sudah rapih dan siap Berangkat.

Depan vila

Suasana dinihari menuju penanjakan, untuk melihat sunrise Bromo yang luar biasa itu, setelah kita semua siap, Jeeppun siap membawa kita, dengan berlahan tapi pasti kita melewati lautan pasir menunju penanjakan, jalannya pun tidaklah mudah begitu berkelok-kelok dan sempit. Akhirnya setelah menempuh perjalanan selama kurang lebih 1jam tibalah kita dipenanjakan, wah ternyata kita bukanlah orang yang pertama tiba, dilokasi telah berada ratusan mobil jeep yang sudah terparkir disepanjang jalan. Akhirnya kamipun turun dan harus berjalan kaki menuju titik point melihat sunrise.

View Gn Bromo

Akhirnya pengorbanan Bangun pagi-pagi buta, cuaca dingin sampai ketulang-tulang semua terbayar ketika berangsur-angsur matahari mulai muncul. tampak Gn Batok, Gn Bromo Dan Gn Semeru sangat indah dipandang, Subhanawlah begitu sempurna Ciptaan ALLAH yang telah diberikan kepada Umatnya. Setelah hampir 45menit kita menikmati sunrise dan pemandangan dan Mataharipun sudah menunjukkan sinarnya kamipun melanjutkan perjalanan kembali karena masih banyak lokasi yang akan kita kunjungi, Lokasi selanjutnya Yaitu Padang Pasir, dimana sepanjang mata memandang yang ada hanya lautan pasir.

Lautan Pasir

Setelah selesai menikmati suasana disini sambil ambil beberapa foto kamipun Beranjak menuju Padang savana yang katanya sih mirip seperti bukit teletubbeis. Wah ternyata benar apa yang dikatakan disini sepanjang mata memandang yang ada hanyalah padang savana yang hijau sungguh memanjakan mata kita.

Bukit Savana

Puas mengambil foto dan menikmati pemandangan disini kamipun langsung beranjak menuju Pasir Berbisik, sedap bener itu namanya.

Pasir Berbisik

Selesai sudah perjalan kami menikmati indahnya Wisata diBromo selanjutnya kamipun harus bersiap untuk menuju Batu Malang. setelah sampainya divila kamipun langsung beristirahat dan packing karena tepat pukul 12 siang kita harus check out. dan akhirnya tepat pukul 12 siang Byson pun sampai dan siap membawa kami menuju Probolinggo untu menuju Arjosari Malang

Bye Bromo

Sesampainya di Arjosari Malang kamipun langsung bergegas mencari angkutan umum untuk membawa kami kedestinasi selanjutnya kota Wisata Batu Malang, karena dari arjosari harus 2x naik angkutan perkotaan maka kami putuskan untuk mencarter saja karena lebih mudah dan tidak harus naik turun angkutan umum, solusi yang tepat.

Angkutan Umum

Sampailah kita diBatu, Langsung menuju Lokasi Homestay yang sudah kita pesan jauh-jauh hari. Kebetulan Lokasi Homestay tidak jauh dari BNS (Batu Night Spectacular), bisa dibilang ini mininya Dufan karena disini kita dimanjakan oleh bermacam-macam permainan, Baik untuk dewasa maupun anak-anak. kebetualan malam ini ada match Manchester United jadi makin anteng aja kayanya Temen-Temen diHomestay, Namun apadaya kita sudah jauh-jauh keBatu berat rasanya kalo cuma duduk manis diHomestay, Beranjaklah sebagian dari kami menuju BNS sambil mencari Makan malam, Wow karena malam Minggu Pengunjung diBns cukup padat diisi oleh para pengunjung dari luar kota. karena hanya ada permainan saja dan kebetulan diTangerang ada Banyak Lokasi sperti ini, tidak lama-lama kami berada disini hanya bertahan sekitar 30 menit untuk berkeliling dan melihat-lihat saja, yang ngilangin penasaran aja sih pointnya dan lanjut mencari makan malam untuk yang berada diHomestay.

Batu Night Spectacular

Yup akhirnya berakhir sudah perjalanan kami menikmati indahnya Gn Bromo dan Kota Wisata Batu Malang, siang haripun kami check out meninggalkan Homestay untuk bergegas menuju stasiun Malang, Karena keberangkatan kereta masih lama maka waktu yang panjang kami gunakan untuk mencari Oleh-oleh khas malang yang banyak dijual disekitar stasiun.

Lobi Stasiun Malang

Stasiun Malang

Akhirnya kereta Matarmaja datang dan siap mengantarkan kami ke Jakarta untuk kembali keTangerang. Terima kasih Ya ALLAH atas perjalanan indah ini semoga kami semua diberikan kesehatan untuk Melakukan Perjalan bersama dilain Waktu. Wassalam