Geopark Ciletuh Sukabumi

Geopark Ciletuh Sukabumi, sabtu 15 Januari 2016

Sebenarnya desember 2015 baru saja melewati lokasi ini kala Itu mengunjungi ujung genteng, sayang karena kondisi jalan ke geopark tidak semulus jalan menuju ujung genteng dan pertimbangan kendaraan yang berisi keluarga, Wisata geopark ciletuhpun saya lewatkan begitu saja.

Seperti apa sih Geopark Ciletuh itu? Menurut penelitian ahli geologi, ciletuh ini termasuk salah satu kawasan dengan batuan tertua di Pulau Jawa. Dan katanya tempat ini dahulunya laut. dan banyak yg ngeshare tentang alam di Teluk Ciletuh in menyerupai amfiteater raksasa dengan bentuk seperti tapal kuda yang menghadap ke Samudera Hindia, Gokil mennnn.

akhirnya, sabtu 15 januari tepat pukul 1 dini hari kami berempat, saya sendiri Yogi, oji,riza dan alan, memulai perjalanan dari Tangerang dengan menggunakan mobil mitsubishi Triton milik sahabat kami Alan, karena saya pikir hanya mobil adventure seperti ini yang mampu dan nyaman untuk mengexplore geopark cileutuh yang terkenal dengan rute yang tidak begitu Bagus dan nyaman apabila mengendarai kendaran biasa.

Mitsubishi Triton
rute yang kami pilih yaitu, karawaci, bsd, jagorawi, ciawi, cibadak,lalu ke arah Surade, Setelah hampir kurang 3 jam berkendara dari karawaci tibalah kami di pasar cibadak sukabumi pkl 4 dinihari, karena Sudah mulai lapar kami sempatkan untuk makan bubur ayam tepat didepan pasar cibadak, karena biasanya geliat perdagangan pasti ada kalo ketemu sama yang namanya pasar, tidak panjang lebar 4 mangkuk bubur ayampun sudah kami pesan.

Bubur Ayam Pasar Cibadak

Setelah kurang lebih hampir 30 menit kami beristirahat sambil menikmati bubur ayam, kamipun kembali melanjutkan perjalanan. Rute perjalanan dari cibadak menuju arah surade ini jalannya tidak begitu lebar dan berkelok-kelok, jadi kami harus sungguh berhati-hati belum lagi Kabut tebal yang suka muncul disaat perjalanan dinihari seperti ini, setelah berkendara hampir kurang lebih selama 2 jam tibalah kami di perkebunan teh Surangga, satu satunya kebun teh yang kita temui apabila kita melewati jalur cibadak menuju surade, Dan inipun bisa dibilang track masuk menuju Geopark Ciletuh, walaupun dari perkebunan teh ini menuju geopark ciletuh masih 23Km Dan hampir 80% jalannya rusak, Dan inilah kenapa dipapan bertuliskan tulisan dengan jelas 'ADVENTURE VEHICLES ONLY' Tertulis jelas.

Reklame Desa Giri Mukti

Penunjuk Arah Lokasi Geopark Ciletuh

Akhinya Mobil kamipun meninggalkan Jalan Raya dan mulai masuk kejalan Yang menunjukan kami ke arah Geopark Ciletuh, jalannya bisa dibilang cukup kecil Dan sepi sekali sempat muncul keraguan sebelum akhirnya kami melihat seorang anak ingin bersekolah, Melihat Hal sekecil inipun sudah cukup bagi kami, seolah - olah menjawab "adaloh pemukiman didepan sana" Dan legalah hati kami setelah melihat Itu, setelah hampir berkendara kurang dari 30 menit akhirnya kami menemukan perkampungan penduduk Dan untuk memastikan benar apa tidaknya jalan yang kami tempuh ini kami memutuskan untuk mampir diwarung tepi jalan sambil menikmati gorengan dan teh hangat saya pun menyakan apakah benar ini jalan yang bisa kita tempuh untuk menuju geopark ciletuh, yup benar ini rute jalan yang dapat kita tempuh untuk menuju geopark ciletuh dek begitu celetuk si ibu penjual Gorengan.

Menikmati Gorengan Hangat

Bukan main sepanjang perlanan yang kami tempuh hampir selama 2 jam perjalanan,hanya jalan rusak yang kami temui, hingga akhirnya kami pun tiba dikawasan geopark ciletuh, lokasi pertama yang kami tuju yaitu curung sodong, sebelum menuju curug sodong tidak lupa mampir warung makan untuk cari nasi putih, karena kami akan masak sendiri untuk lauknya, akhirnya kamipun Tiba di curug sodong. Hal yang pertama harus kita lakukan foto kali ya hehehe ritual wajib, sambil menikmati indahnya panorama curug sodong kamipun mulai membuka tenda dan Persiapan Sarapan pagi.

Curug Sodong

Sambil menikmati sejuknya Udara Pagi ini, kamipun sambil melakukan persiapan sarapan pagi dan mendirikan tenda untuk sekedar meluruskan Badan, awalnya kami berencana untuk mempersiapkan Lauk Sarapan Pagi dengan membuat sarden dan omelet, karena kami fikir sudah kebanyakan lauk maka kamipun hanya memasak sarden saja untuk sarapan pagi ini karena lauk pendukung seperti tempe oreg dan kerupuk sudah ada.

Membuat sarapan Pagi

Masak outdor Layaknya acara masak

Setelah bertempur selama hampir 1/2 Jam dengan Kompor dan Lain-lain "lebay" akhirnya sarapan alakadarnya pun siap dihidangkan, tanpa Basa-basi kami berempatpun langsung menyikat semua Makanan yang ada, efek lapar perut dikocok selama perjalanan.

Makan Siang

Kurang lebih hampir selama 2 jam kami menikmati indahnya curug sodong dan dilanjutkan sarapan Pagi, Kamipun Melanjutkan mengunjungi Curug Cimarinjung dilanjutkan keatas Bukit Darma, dari curug sodong sendiri menuju curug cimarinjung Jarak lumayan tidak Jauh, dapat ditempuh kurang dari 45 menit, sebenarnya tidak jauh tapi karena jalanannya tidak bagus membuat perjalanan menjadi sedikit Lama.Setibanya di Curug Cimarinjung kami langsung menuju parkiran yang sudah disediakan oleh Penduduk Lokal, karena akses menuju Curug Cimarinjung tidak dapat ditempuh dengan kendaraan Roda empat, tetapi harus dengan berjalan Kaki, dan karena Curug Cimarinjung ini terlihat dari Parkiran Kendaraan Kami, sedikit rasa penasaranpun hilang sedikit demi sedikit, sehingga kami putuskan Langsung saja menuju Bukit Darma, untuk tracknya sendiri cukup membuat andrenalin kita teruji ya, jurang dikiri jalan dan track yang masih tanah dan bebatuan, mungkin jika tidak menggunakan Mobil 4WD kami rasa lebih baik jalan atau naik ojek warga sekitar, Namum perjuangan kami untuk kesini terbayar Lunas dengan keindahan yang kami dapat dipuncak Darma.

View Bukit Darma

Sisi Lain Bukit Darma

Puncak Darma

Puas menikmati indahnya Pemandangan dari bukit darma, kamipun melanjutkan perjalanan untuk pulang, walaupun harus kecewa karena masih banyak tempat tempat yang belum kami kunjungi, sepertinya salah kalau mengunjungi geopark Ciletuh ini hanya satu hari, semoga diberikan kesempatan dilain waktu untuk bisa menikmati seluruh keindahan Geopark Ciletuh kedepannya.